PT
PAM Lyonnaise jaya (PALYJA) hadir di Jakarta sejak 1 Februari 1998. Keberadaanya
di tandai dengan penandatanganan 25 tahun kerja sama dengan pengelola air
bersih Pemerintah Jakarta, PAM Jaya, yang memberikan pelayanan air bersih
kepada masyarakat di Wilayah Barat, Provinsi DKI Jakarta.
PALYJA
merupakan bagian dari SUEZ ENVIRONMENT, yaitu lini usaha Grup GDF SUEZ yang
bebasis di Prancis. Perusahaan ini bergerak di bidang air, pelayanan limbah,
peralatan penting yang terkait dengan kehidupan sehari-hari dan pelestarian
lingkungan.Perusahaan ini juga merupakan bagian dari PT Astratel Nusantara,
lini Grup ASTRA, Indonesia yang bergerak di bidang Infrastruktur.
Salah satu misi PALYJA adalah Memberikan
kepuasan kapada pelangan melalui pelayanan prima dalam penyediaan air bersih
dengan kuantitas, kesinambungan, dan kualitas yang baik melalui pengoperasian
yang dapat diandalkan.
Sejak 2005, PALYJA telah menetapkan adanya
panduan tata usaha dan tata perilku (CoC) dalam berbisnis. Perusahaan sekelas
PALYJA merasa perlu untuk menyusun, menetapkan dan menerapkan CoC, karena pihak
manjemen puncak PALYJA meyakini bahwa penerapan CoC akan membuat bisnis PALYJA
memiliki karakter menonjol. Terbukti dalam praktiknya PALYJA memang berhasil menjalankan
bisnis yang berdaya tahan dan berkesinambungan (sustainable), memiliki
efisiensi biaya (cost efficiency), serta dapat mengurangi biaya-biaya tidak langsung
(indirect cost) yang muncul akibat praktik-praktik yang bertentangan dengan
etika bisnis.
Selain itu, seluruh dinamika dan hubungan
bisnis dilandasi oleh sebuah tatanan nilai (value driven) dalam usaha yang
dijalankan.Sebagai konsekuensinya, PALYJA mempu mempertanggungjawabkan
bisnisnya secara terbuka kepada seluruh pemangku kepentingan (accountable and
transparent). Dengan karakter tersebut, PALYJA sebagi perusahaan penyediaan
layanan public dalam penyediaan air minum selalu berusaha untuk memberikan
kontribusi dalam menyebarluaskan bisnis yang beretika di Indonesia.
Dengan karakter tersebut, PALJAYA sebagai
perusahaan penyedia layanan public dalam penyediaan air minum selalu berusaha
untuk memberikan konstribusi penting dalam menyebarluaskan bisnis yang beretika
di Indonesia. Tentu saja inisiatif awal penyusunan, penetapan dan penerapan CoC
berasal dari pihak manajemen punjak PALYJA. Inisiatif ini mendapat dukungan
yang kuat dari Suez Environment dan Astra International sebagai pemegang saham mayoritas. sumber: